APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN GOV BUDGET DEFICIT?



Pemerintah, seperti halnya rumah tangga dan korporasi, tentunya akan ada penerimaan dan pengeluaran. Budget deficit seringkali dikonotasikan dengan adanya penambahan utang. Pengukuran budget deficit diformulasikan sebagai berikut:

Nominal Defcit = iB + G - T
i     =  nominal interest rate
B   =  outstanding government debt
G   =  government expenditure
T   =  tax revenue (net of transfer payments)

Hal yang terkait dengan budget deficit antara lain:
1. Correction for Inflation
Tingkat inflasi yang positif akan menurunkan real value atas government debt meskipun jika nominal deficitnya zero. Jika π adalah inflation rate, nominal deficit akan meningkat dengan πB tiap tahun.  
Inflation-adjusted (atau real inflation) budget adalah nominal inflasi dikurangi pengaruh inflasi atas existing debt:
real deficit = iB + G - T - πB
                  = (i - π) B + G - T
                  = rB + G - T 

r = real interest rate
2. Government Assets
Kebanyakan pengukuran budget deficits hanya terkait dengan government liabilities, tidak terkait dengan perubahan pada assets. Beberapa ekonom menyatakan bahwa budget deficit didefiniskan sebagai perubahan pada government debt dikurangi dengan perubahan pada government assets. Misalnya, jika pemerintah menjual salah satu assetnya, pendapatan yang diperoleh tidak mengurangi budget deficit karena nilai dari keseluruhan assetNya otomatis akan berkurang dengan adanya penjualan asset
Capital budgeting cukup sulit untuk diimplementasikan.

3. Uncounted Liabilitied
Government debt mengabaikan banyak liablities yang ada, misalnya:
a. future pension benefits untuk pegawai pemerintah 
b. future social payments 
c. contingent liabilities 

4. Penyesuaian Terkait dengan Business Cycle
Selama resesi, pendapatan menurun dan tax revenues turun, sedangkan pengangguran meningkat & transfer payment meningkat. Sebaliknya, selama perekonomian membaik akan lebih mudah bagi government budget untuk mencapai surplus karena adanya peningkatan income. Untuk mengklarifikasi apakah perubahan dalam actual budget deficit karena adanya kebijakan fiskal atau kegiatan ekonomi, pengaruh business cycle dikeluarkan, 
cyclically-adjusted (atau structural atau full-employment), budget deficit dapat dihitung dengan melakukan estimasi apa yang akan pemerintah belanjakan jika ekonomi ada pada natural rate of output. Perbedaan antara actual deficit dan cyclically-adjusted deficit dikenal sebagai cyclical deficit.

Komentar

Postingan Populer