TIPS MENGHINDARI PENGELUARAN BERLEBIH KETIKA LIBURAN


It's December! Time to refresh... saatnya berlibur untuk menghindari kepenatan. Liburan akan sangat identik dengan pengeluaran yang sangat banyak. Meskipun Anda tidak ke mana - mana, misalnya Anda pergi belanja untuk membeli hadiah, sedang mendekorasi rumah, atau menyiapkan berbagai makanan special ketika liburan, ada beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga budget Anda tetap on track.

1. Tentukan Budget
Menetapkan budget (dan tetap berpegang teguh pada budget yang sudah disusun) adalah tips yang paling penting untuk menghindari pengeluaran berlebih selama liburan. Seringnya, banyak yang memikirkan berapa banyak hadiah yang akan diberikan setelah bepergian, atau bagi yang merayakan Natal juga akan memikirkan hal serupa, tentang kado, makan malam bersama keluarga, sahabat & tetangga. Dengan menetapkan budget, Anda dapat memaksimalkan plan Anda. Jika Anda ingin berlibur, tetapkan tujuan liburan Anda, waktu untuk berlibur & jumlah peserta yang mengikuti liburan yang tentunya menjadi tanggungan Anda selama liburan. Hal tersebut sangat penting mengingat sangat erat kaitannya dengan budget.

2. Buatlah Daftar
Pergi ke mall dapat menjadi hal yang berbahaya dan menyebabkan pengeluaran berlebih (overspending). Jika Anda salah satunya, Anda dapat membuat daftar yang akan Anda beli terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi ke pusat perbelanjaan. Misalkan, Anda melihat sepasang sepatu yang lucu, jika sepatu tersebut tidak terdapat di dalam daftar, Anda tidak boleh membelinya. Ketika belibur, dengan menetapkan detail destinasi yang akan Anda kunjungi juga akan memberikan pengaruh terhadap budget yang nantinya akan Anda keluarkan.

3. Carilah Discount
Discount akan sangat membantu mengurangi pengeluaran Anda ketika berbelanja ataupun berlibur. Jika Anda sedang membeli tiket hotel, penerbangan, makanan, ataupun hal lain, Anda dapat mencari item - item terkait yang sedang promo ataupun discount.

4. Gunakan Credit Card yang Tepat
Jika Anda memiliki credit card, gunakanlah credit card dengan bijak. Dapatkan berbagai kemudahan dan loyalty points, kemudian gunakan loyalty points tersebut untuk memperoleh tambahan discount & promo di berbagai merchant.







Komentar

Postingan Populer