KEBIASAAN YANG DAPAT MEMPERBURUK KONDISI KEUANGAN

Uang adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita. Kita membeli apa yang kita butuhkan dengan uang, kita menadani masa depan kita dengan uang & kita menjalin hubungan yang baik dengan sesama juga terkadang membutuhkan uang.

Sayangnya, ada banyak kebiasaan buruk yang dapat memperburuk kondisi keuangan kita. Beberapa kebiasaan tidak akan merusak kondisi keuangan kita, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kita tidak sadar bahwa kita membutuhkan bantuan untuk memperbaiki kondisi keuangan kita.

Mari kita lihat beberapa kebiasaan buruk tersebut agar bisa segera kita perbaiki, sehingga tidak akan semakin memperburuk kondisi keuangan kita:

1. Merokok
Rokok dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang buruk, bahkan dapat menyebabkan kematian. Rokok merupakan hal yang buruk bagi kondisi keuangan dan kesehatan Anda.Mari kita lihat misalkan, biaya merokok hanyalah berdampak pada keuangan Anda - bukan pada kesehatan Anda. Berapa banyak yang akan Anda habiskan?
Misalkan 1 bungkus rokok seharga Rp 15.000, dan Anda merokok 2 bungkus sehari. Berari Anda menghabiskan Rp 30.000,- per hari, yang artinya Rp 900.000 per bulan dan Rp 10.800.000,- per tahun. Padahal Anda bisa mengalihkan uang tersebut untuk berinvestasi. Misalkan Anda menabung selama 10 tahun dengan bunga 8% setahun. Anda bisa menghitung sendiri hasil yang akan diperoleh.
Hal lain bagaimana merokok dapat memperburuk kondisi keuangan Anda adalah merokok dapat mengganggu kesehatan, yang juga akan berdampak buruk pada pengajuan asuransi jiwa Anda. Karena Anda akan memperoleh uang pertanggungan yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak merokok. Jadi, kendalikan kebiasaan merokok Anda.

2. Menggunakan kartu kredit secara tidak bertanggung jawab
Anda akan membayar bunga atas penggunaan kartu kredit yang Anda miliki, jadi pastikan jumlah kartu kredit yang Anda miliki tidak akan menyebabkan Anda overpay, dan gunakanlah dengan bijak. Selain itu, pastikan Anda dapat memperoleh reward dengan menggunakan credit card tersebut. Jangan lupa pula untuk membayar tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya, agar tagihan yang Anda bayarkan nantinya tidak semakin membesar.

Komentar

Postingan Populer