Mau ke Singapore? Simak Tips Travelling ke Singapore dengan Murah dan Aman

  
Singapore atau Singapura merupakan salah satu negara di kawasan ASEAN yang lokasinya cukup dekat dengan Indonesia dengan penduduk yang kurang lebih setengah dari penduduk Jakarta, akan tetapi Singapura merupakan salah satu negara dengan tingkat GDP per kapita yang relatif tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, yaitu sekitar $93.680,- menurut data IMF pada Oktober 2017.

Sekarang, untuk travelling ke Singapura bukanlah hal yang sulit, berbagai aplikasi memudahkan kita untuk melakukan pengaturan jadwal travelling kita sendiri. Tiket penerbangan, hotel, biaya makan, dan transportasi di Singapura juga relatif terjangkau. Selain itu, kendala bahasa juga cukup minim karena huruf yang digunakan adalah huruf latin dan bahasa mayoritas yang digunakan adalah campuran antara bahasa Melayu, Inggris, dan China.

Jadi, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk travelling ke Singapura? Baca juga panduan travelling ke luar negeri pertama kali di 7 Tips Penting Untuk Kamu yang Pertama Kali Jalan-Jalan ke Luar Negeri dengan Aman dan Hemat :

1. Paspor, cek apakah Anda sudah membuat paspor, paspor Anda masih aktif, atau sudah tidak aktif. Segera membuat paspor jika belum memiliki atau melakukan perpanjangan sebelum habis masa aktifnya.
2. Budget -> cek harga tiket pulang pergi, hotel, makan, transport, tiket aktivitas, dan juga biaya untuk suvenir atau oleh-oleh, hal ini bukan merupakan sesuatu yang sulit karena semua informasi dapat Anda dapatkan melalui internet.
3. Itenary atau tujuan wisata
Jika kita ingin berkunjung ke Singapura, tentunya sebaiknya kita harus membuat daftar destinasi yang akan kita kunjungi di sana. Hal tersebut akan membantu kita agar tidak membuang waktu tanpa kejelasan selama bepergian, sehingga bisa memaksimalkan waktu yang ada. Terlebih lagi jika kita hanya memiliki sedikit jatah cuti. Misalkan kita ingin ke Merlion Park, Marina Bay, Universal Studio, dll


4. Plan berapa hari menginap di sana - hal itu juga akan sangat terkait dengan destinasi yang akan Anda tuju saat di Singapura.
5. Jangan lupa, setelah sampai di Singapura untuk mengisi kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan. Hal tersebut harus dilakukan, jangan sampai tidak mengisinya, karena akan berdampak pada kemudahan Anda melewati imigrasi nantinya.
6. Ambil peta dan brosur yang ada di bandara. Ketika Anda sampai di bandara, segera cari Tourism Information Center yang akan memudahkan Anda travelling di sana. Di sana, Anda bisa bertanya kepada petugas dan tentunya ambilah brosur dan peta sesuai dengan kebutuhan Anda. Brosur juga akan membantu Anda dalam mengecek kembali destinasi Anda, peta tentunya akan membantu Anda dalam mengunjungi berbagai destinasi.

7. Pelajari Peta dan transportasi umum. Peta akan memudahkan Anda mengunjungi berbagai destinasi selama di Singapura, sedangkan peta transportasi umum akan memudahkan Anda dalam mecapai destinasi Anda. Lihat kembali lokasi destinasi yang ada di peta, kemudian sesuaikan bagaimana cara mencapainya. Berbagai trasnportasi umum tersedia di Singapura, misalkan MRT (Mass Rapid Transport), bus, taxi, bahkan juga tersedia taxi online (grab).

8. Kartu Tourism Pass dan SIM Card. Untuk memudahkan menggunakan transportasi umum, jangan lupa membeli Singapore Tourist Pass (STP) ataupun EZ Link. Cek harga dan kira-kira berapa hari Anda di sana, kartu tersebut tersedia dalam 1 hari, 2 hari, dan 3 hari. Tentunya akan jauh lebih hemat karena tidak akan dibatasi berdasarkan berapa destinasi yang Anda kunjungi maupun jumlah transportasi yang Anda pakai.
SIM card Singapura juga akan memudahkan komunikasi dan mencari informasi selama di sana tanpa mengubah ID Line ataupun whatsapp Anda.



9. Penginapan. Carilah penginapan sesuai dengan budget dan berapa hari Anda akan menginap. Lokasi hotel dengan destinasi tidak akan menjadi masalah, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah apakah hotel Anda letaknya dekat dengan transportasi umum atau tidak. Selama dekat dengan transportasi umum, Anda tidak perlu bingung ketika Anda ingin bepergian.
10. Colokan listrik. Karena colokan listrik yang digunakan adalah kaki 3, Anda harus mempersiapkannya terlabih dahulu, colokan kaki 3 dapat dibeli di berbagai toko alat-alat listrik. Karena jika Anda tidak membawanya, harga beli di sana akan jauh lebih mahal, atau jika Anda tidak membelinya, maka tidak akan bisa melakukan charge handphone Anda atau menggunakan catokan rambut misalkan.

11. Baju, Tas, dan Alas Kaki yang nyaman. Karena kemungkinan akan banyak destinasi yang Anda tujua, bawalah baju yang nyaman dan juga alas kaki yang nyaman sehingga tidak membuah Anda kegerahan ataupun lelah. Tas juga disesuaikan dengan barang yang dibawa ketika bepergian (tidak termasuk koper).
12. Payung, botol minum. Bawalah payung lipat yang ringan untuk menghindari dari hujan maupun panas terik matahari, dan juga botol minum karena pada beberapa tempat, Anda bisa mengakses air minum sehingga tidak perlu membeli air mineral yang harganya relatif mahal. 
   


   

Komentar

Postingan Populer